Sabtu, 20 Maret 2010

Kalender Suku Maya Dan 2012


Kalender Suku Maya dan 2012

KALENDER KUNO YANG RUMIT,Muncul Lagi, Muncul Lagi...

Di pagi hari matahari terbit dengan cemerlang. Di sore hari matahari tenggelam. Lalu, matahari muncul lagi di pagi hari. Matahari selalu muncul kembali berulang-ulang.

Pada satu malam yang gelap, bangsa Maya Kuno melihat bintang Teko Air muncul. Selama beberapa hari bintang Teko Air ada di langit malam. Namun, pada malam hari yang lain bintang Teko Air tidak muncul di langit. Kemudian bintang Teko Air muncul kembali. Peristiwa itu terjadi berulang-ulang.

Membuat Tanda Waktu

Bangsa Maya Kuno memperhatikan tingkah laku matahari, bintang, dan bulan di langit dengan sangat teliti. Mereka menandai dari matahari terbit sampai terbit lagi sebagai satu matahari. Dengan begitu bangsa Maya Kuno sudah membuat tanda waktu. Waktu yang diperlukan matahari terbit sampai terbit lagi disebut satu hari.

Bangsa Maya Kuno juga menghitung kapan munculnya matahari tepat di atas kepala. Hasilnya adalah 365 hari. Sejak itu bangsa Maya Kuno mempunyai kalender. Kalender matahari bangsa Maya Kuno disebut kalender pertanian atau kalender Haab. Kalender Haab berisi 365 hari. Jika sudah mencapai 365 hari, maka bangsa Maya Kuno memasuki Kalender Haab yang baru. Kalender Haab digunakan untuk menandai musim hujan dan bertani.

Tanda Semua Bintang

Semua benda langit dihitung kemunculannya oleh bangsa Maya Kuno. Akibatnya bangsa Maya Kuno punya banyak sekali kalender. Ada kalender yang dibuat berdasar kemunculan Planet Venus. Kalender Planet Venus dipakai untuk menentukan waktu Perang. Ada pula kalender yang dibuat berdasar posisis matahari segaris lurus dengan bintang Ekor Ular. Kalender posisi matahari dan Bintang Ekor Ular disebut kalender Tzolkin. Kalender Tzolkin berisi 260 hari. Kalender Tzolkin dipakai untuk menandai ibadat bangsa Maya Kuno.

Kalender Legenda Bumi

Yang lebih hebatnya lagi bangsa Maya Kuno menandai kapan galaksi Milky Way menjadi Pohon Ceiba sejak nenek moyang mereka. Yaitu peristiwa langit pada tanggal 13 Agustus dimana galaksi Milky Way berubah menjadi Pohon Ceiba, Perahu, dan Ular Putih. Pada malam tanggal 13 Agustus itu, bangsa Maya Kuno menciptakan legenda terjadinya langit dan bumi.

Legenda terjadinya langit dan bumi ditandai dengan Kalender Besar ( Long Count Calender ). Kalender Besar berlangsung selama 5215 tahun. Bangsa Maya Kuno menulis Kalender Besar dimulai pada angka 13.0.0.0.0. Permulaan Kalender Besar ini sama dengan tanggal 13 Agustus 3114 SM.

Kalender Besar 2012

Kalender Besar akan berakhir pada tanggal 21 Desember 2012. Itulah tanggal ketika matahari selesai melintasi Ular Putih di langit. Setelah tanggal 21 Desember 2012, matahari tampak selesai melintasi galaksi Milky Way yang berbentuk Ular Putih, Maka Kalender Besar berakhir dan memasuki Kalender Besar yang baru.

Bangsa Maya Kuno percaya pada tahun baru Kalender Besar kehidupan akan lebih baik. Karena matahari telah meninggalkan Ular Putih alias Dunia Kegelapan.

Tahun 2012 Yang Heboh

Bangsa Maya Kuno pandai dalam hal matematika, astronomi, dan membuat banyak sekali kalender. Bangsa Maya Kuno adalah bagsa yang menyukai hal kerumitan. Angka dan tulisan dibuat dengan lambang yang rumit. Tulisan dan angka bangsa Maya Kuno berbeda sekali dengan tulisan dan angka zaman sekarang. Ahli arkeologi baru bisa mengartikan tulisan dan angka bangsa Maya Kuno pada tahun 1954.

Memahami kegunaan kalender Maya Kuno tidak mudah. Kalender Besar termasuk kalender yang sulit dipahami manfaatnya. Akibatnya, bermacam-macam berita tersebar tentang Kalender Besar Bangsa Maya Kuno. Berita ini sempat meresahkan banyak orang.

Berita tentang arti Kalender Besar yang meresahkan itu adalah :

a) Berakhirnya Kalender Besar berarti bumi akan berakhir ( kiamat ).

b) Pada tanggal 21 Desember 2012 matahari akan satu garis lurus dengan galaksi Milky Way. Akibatnya matahari akan bergejolak. Magnet Planet Bumi juga akan terganggu.

c) Bumi akan hancur karena matahari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KLIKPTC

KLIKAJADEH

Program Bisnis